TRIAD KRR (Seksualitas)

Apa itu seksualitas?

Seksualitas merupakan segala sesuatu yang menyangkut hidup manusia sebagai makhluk seksual yaitu emosi, perasaan,kepribadian,hubungan seksual,hingga orientasi seksual.

Pada usia remaja tubuh akan mengalami perubahan secara besar-besaran baik dari segi fisik maupun psikologis. Hal ini dinamakan masa pubertas. pada laki-laki pubertas umumnya dialami pada umur 11 hingga 12 tahun dan perempuan akan mengalami pubertas lebih cepat yakni pada umur 8 hingga 10 tahun.

  1. Perubahan Psikologis Remaja

Perubahan yang terjadi pada usia remaja akibat pubertas yang pertama dapat dilihat dari segi psikologis yakni setiap remaja akan mengalami fase pencarian jati diri, mulai memperhatikan diri mereka, mulai ada ketertarikan atau rasa jatuh cinta, emosional yang labil, ego yang tinggi dan juga rasa ingin tahu yang tinggi.

  1. Perubahan Fisik Remaja

Pada usia remaja tidak hanya terjadi perubahan dari segi psikologis tetapi juga dari segi fisik dan cenderung berbeda antara laki-laki dan perempuan.

A. Perubahan fisik remaja laki-laki

Perubahan fisik pada remaja laki-laki ditandai dengan bertambahnya berat dan tinggi badan,tulang wajah mulai memanjang dan membesar, pundak dan dada menjadi lebih lebar dan bidang, tumbuh jakun, suara menjadi berat, dan tumbuh rambut halus pada ketiak dan kemaluan. Selain itu pada masa pubertas remaja laki-laki akan mengalami mimpi basah yang merupakan tanda bahwa anak laki-laki telah masuk masa pubertas.

B. Perubahan fisik remaja perempuan

Berbeda halnya dengan remaja laki-laki, pada remaja perempuan umumnya ditandai dengan pinggul yang mulai melebar dan membesar, payudara yang semakin membesar, suara menjadi lebih melengking, bertambahnya berat dan tinggi badan dan juga tumbuh rambut-rambut halus di ketiak dan kemaluan. Pada masa pubertas remaja perempuan akan mengalami menstruasi yang merupakan proses peluruhan dinding rahim dan pelepasan darah dari dinding rahim perempuan yang merupakan tanda bahwa anak perempuan telah masuk pada masa pubertas dan berakhir saat menopause.


Pada masa pubertas organ-organ reproduksi seorang remaja mulai bekerja dan mulai aktif ditambah dengan rasa ingin tahu seorang remaja yang tinggi tentunya hal ini akan memberikan adanya potensi dan juga kemungkinan dalam resiko Triad KRR tentang seksualitas yakni seks pranikah. Dengan hal ini maka penting bagi setiap remaja untuk memilih circle pertemanan yang baik, positif, dan sehat sehingga mampu memberikan dampak yang baik pula bagi remaja dan mampu terhindar dari resiko Triad KRR yakni seks pranikah. Selain itu penting bagi setiap remaja untuk memiliki informasi dan edukasi yang cukup mengenai kehidupan remaja mereka utamanya mengenai kesehatan reproduksi agar mampu memberikan benteng bagi diri mereka agar terhindar dari pengaruh negatif dan terhindar dari resiko Triad KRR.