Triad KRR (HIV/AIDS)

Apa itu HIV? AIDS?

Banyak yang mengira bahwa HIV dengan AIDS sebagai 2 hal yang sama,namun ternyata HIV dan AIDS merupakan 2 hal yang berbeda. HIV (Human Immunodeficiency Virus) merupakan virus yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sedangkan,AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan sekumpulan gejala penyakit akibat melemahnya imunitas tubuh seseorang karena terinfeksi virus HIV.

Cara Penularan HIV/AIDS?

  1. Transfusi darah atau produk darah

  2. Transplantasi organ atau jaringan tubuh

  3. Pemakaian jarum suntik yang tidak steril secara bergantian

  4. Hubungan seksual yang tidak aman secara anal tanpa kondom

  5. Berganti-ganti pasangan seksual

  6. Ibu hamil yang terinfeksi HIV pada bayi yang dikandungnya

Apa saja media penularan HIV/AIDS?

  1. Darah

  2. Cairan Sperma

  3. Cairan Vagina

Lalu bagaimana dengan ASI?

ASI tidak lagi menjadi media penularan HIV/AIDS,karena kemungkinan yang menularkan adalah perlukaan saat bayi menghisap puting payudara atau dari perlukaan pada lambung bayi.

HIV dan AIDS merupakan dua hal yang berbeda sehingga terdapat fase dari HIV menjadi AIDS yang terdiri dari empat fase yakni :

  1. Fase 1

pada fase 1 ini tidak ada tanda khusus, tapi HIV terus berkembang dan tes HIV belum dapat mendeteksi. Rentang waktu pembentukan antibodi HIV yakni sekitar 6 bulan dan ODHIV belum menunjukkan perubahan fisik dan masih menjalankan aktivitas secara normal.

  1. Fase 2

selanjutnya untuk fase 2 dengan rentang waktu 2 hingga 10 tahun sejak terinfeksi HIV. pada fase ini tes HIV sudah mendeteksi adanya virus HIV dan diperlukan konsumsi ARV secara rutin untuk menekan kadar dan jumlah virus.

  1. Fase 3

pada fase 3 mulai masuk tahap AIDS atau dapat dikatakan sebagai AIDS tahap awal dan sudah mulai muncul gejala seperti keringat berlebih di malam hari, diare terus-menerus, flu tidak sembuh, dan demam berkepanjangan. pada fase 3 ODHIV juga mengalami penurunan selera makan sehingga berat badan menurun,sehingga diperlukan konsumsi arv secara rutin untuk menekan kadar dan jumlah virus.

  1. Fase 4

pada fase 4 sistem imunitas tubuh sangat lemah ditandai dengan adanya macam penyakit yang menyerang tubuh seperti kanker kulit, bronkitis, infeksi herpes, infeksi otak, infeksi usus.


Maka sangat penting untuk kita melakukan pencegahan terhadap HIV dan AIDS Yakni dengan :

  1. Metode ABCDE

Metode ABCDE yakni Abstinence (tidak melakukan hubungan seksual),Be faithful ( tetap setia pada pasangan),Condom (gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual),Don’t use drugs (tidak melakukan penyalahgunaan napza sama sekali),Equipment (Berhati-hati terhadap peralatan yang beresiko membuat luka dan digunakan secara bergantian atau bersamaan).

  1. Pengurangan dampak buruk NAPZA (Harm Reduction)

Untuk pengguna narkotika suntik agar dapat mencegah penularan HIV melalui program terapi rumatan metadon(PTRM) dan program pertukaran jarum suntik steril (PJSS).

  1. Pencegahan penularan dari ibu ke anak (PMTCT)

Ditujukan untuk para perempuan positif HIV ataupun perempuan pasangan ODHIV yang ingin memiliki anak agar mampu mencegah transmisi dari ibu ke anak pada saat kehamilan,persalinan dan menyusui.


Berdasarkan hal tersebut maka penting bagi seorang remaja untuk tidak melakukan kegiatan maupun perilaku yang berpotensi terkena atau terpengaruh resiko Triad KRR yakni HIV atau AIDS akibat perilaku seksual yang beresiko, perilaku yang tidak sehat dan tidak bertanggung jawab dan penggunaan narkotika suntik. Selain itu penting untuk memiliki informasi dan edukasi yang lengkap dan benar berkaitan HIV dan AIDS agar mampu menjadi bekal yang mampu membentengi diri dari resiko Triad KRR yakni HIV atau AIDS.