Life Skills

Apa itu Life Skills?

Life Skills (Keterampilan Hidup) merupakan berbagai keterampilan atau kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemahaman tentang life skill perlu diberikan kepada remaja agar mampu menjadi bekal bagi mereka untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan. sehingga remaja mampu menghadapi tuntutan dan tantangan di masa kini dan juga di masa mendatang. Adapun Life skills yang dapat diterapkan oleh remaja dalam kehidupan sehari-hari seperti:

  1. Keterampilan Fisik

merupakan kemampuan seseorang yang ditujukan secara fisik seperti melihat,bersuara,mencium,merasa,menyentuh,dan bergerak. Salah satunya yakni dengan memahami tubuh sendiri, melakukan olahraga, mengatur pola makan dan juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan tubuh sendiri.

  1. Keterampilan Mental

merupakan keterampilan untuk beradaptasi dengan lingkungan,menjalankan kapasitasnya selaras dengan lingkungannya, serta merasa nyaman dengan diri sendiri. Salah satunya yakni keterampilan untuk percaya diri, berpikir positif dan mampu mengelola stres.

  1. Keterampilan Emosional

merupakan keterampilan untuk mengidentifikasi, menilai, dan mengelola emosi diri sendiri,orang lain,dan kelompok. Salah satu yang dapat dilakukan yakni keterampilan untuk bersifat tegas dan keterampilan untuk berkomunikasi interpersonal.

  1. Keterampilan Spiritual

merupakan keterampilan atau kemampuan potensial setiap manusia yang menjadikannya dapat menyadari dan menentukan makna nilai moral serta cinta terhadap kekuatan yang lebih besar (Tuhan) dan sesama makhluk hidup. Salah satu yang dapat dilakukan memahami kehidupan sehari-hari,menyadari serta melaksanakan kehidupan spiritual.

  1. Keterampilan Kejuruan

merupakan kemampuan khusus yang dimiliki oleh seseorang (remaja) dalam bidang non akademik seperti kemampuan berwirausaha, minat bakat, dan hobinya untuk menghasilkan Ilan sehingga remaja dan bagi keluarga,masyarakat,bangsa dan negara.

  1. Keterampilan Menghadapi Kesulitan (Adversity Skill)

merupakan keterampilan untk menghadapi hambatan,masalah,dan tantangan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Tipe Cepat Menyerah (Quitters)

orang yang memilih menghindar,lari,dan tidak berani menghadapi masalah. Hal ini secara tidak langsung menutup segala peluang dnn kesempatan.

  • Tipe Cepat Istirahat (Campers)

orang yang mencoba mengatasi kesulitan dan tantangan. Namun,ketika masalah semakin besar,mlah mundur dan menyerah.

  • Tipe Terus Mendaki (Climbers)

Orang yang tidak pernah menyerah dalam menghadapi tantangan hidup. Mereka adalah pemikir yang cerdas dan tidak membiarkan hambatan (umur,jenis kelamin,cacat fisik,mental,dsb.) menghalangi mereka untuk mencapai tujuannya.