8 Fungsi Keluarga

Apa itu keluarga?

Unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri,atau suami istri dan anaknya,atau ayah dan anaknya,atau ibu dan anaknya (UU RI No.52 Tahun 2009 Pasal 1 no.6). Juga dapat diartikan sebagai Institut pertama pembangunan manusia berkualitas.

Keluarga sebagai tempat untuk menanamkan nilai-nilai moral dan juga tempat untuk membentuk pribadi yang berkarakter,berkualitas,dan berencana dengan melaksanakan 8 Fungsi Keluarga yaitu Fungsi Agama,Sosial Budaya,Cinta Kasih,Perlindungan,Reproduksi,Sosialisasi dan Pendidikan,Ekonomi,Lingkungan.

  1. Fungsi Agama

Berarti bahwa Keluarga sebagai tempat pertama seorang anak mengenal agama,Keluarga juga memiliki peran untuk menanamkan dan menumbuhkan serta mengembangkan nilai-nilai agama,sehingga anak menjadi pribadi yang berakhlak mulia dan bertaqwa.

  1. Fungsi Sosial Budaya

Berarti bahwa melalui Keluarga setiap remaja dibekali cara berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain,baik di dalam keluarga maupun masyarakat. Serta Keluarga berperan untuk memperkenalkan budaya setempat dan mengajarkan setiap remaja untuk mempertahankan dan mengembangkan budaya setempat.

  1. Fungsi Cinta dan Kasih Sayang

Bermakna bahwa Keluarga harus menjadi tempat untuk menciptakan suasana cinta dan kasih sayang dalam kehidupan berkeluarga,bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara agar remaja mampu belajar menyayangi dan menghargai orang lain.

  1. Fungsi Perlindungan

Bermakna bahwa Keluarga menjadi pelindung pertama dan utama daalam memberikan kebenaran dan keteladanan kepada anak serta memberikan rasa aman,tenang,dan tentram bagi anggota keluarganya.

  1. Fungsi Reproduksi

Berarti bahwa Keluarga menjadi tempat untuk memberikan pemahaman tentang fungsi reproduksi utamanya mengenai kesehatan reproduksi. Serta,Keluarga menjadi pengatur reproduksi keturunan secara sehat dan berencana sehingga lahir generasi penerus yang berkualitas.

  1. Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan

Berarti bahwa Keluarga sebagai sekolah pertama dan utama untuk mendidik anak agar menjadi panutan masyarakat secara luas dan dirinya sendiri. Selain itu,Keluarga juga sebagai pembimbing dan pendamping dalam tumbuh kembang anak baik secara fisik,mental,sosial,dan juga spiritual.

  1. Fungsi Ekonomi

Bermakna bahwa Keluarga berperan sebagai tempat untuk membina dan menanamkan nilai-nilai keuangan dan perencanaan keuangan keluarga serta mengajarkan kepada anak mengenai nilai berusaha dalam memenuhi kebutuhan.

  1. Fungsi Lingkungan

Bermakna bahwa melalui Keluarga seorang anak diajarkan akan sikap peduli dengan lingkungannya baik lingkungan sosial maupun lingkungan alam yang dinamis secara serasi,selaras,dan seimbang agar mampu mengaktualisasikan diri dalam membangun dirinya menjadi Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera dan memiliki sikap dan perilaku peduli lingkungan.